Penyedia shop manual parts manual alat berat
WA : 0897-3853-775 

Balajar setapak demi setapak tentang engine

Balajar setapak demi setapak tentang kerja engine mekanik alat berat pada perbaikan dan perawatan. Mengenal dasar dasar engine secara bertahap

Balajar setapak demi setapak tentang engine
Mengenal dasar dasar engine secara bertahap Engine Assy.
Engine. Mesin terdiri dari onderdil onderdil yang di satukan menjadi satu yg setiap onderdil tersebut mempunyai cara kerja masing masing yang pada umumnya di sebut dengan system. ,( Fuel system, Air system, Cooling system, dan Lubricating system,) yang dari masing masing sistem saling mendukung. dan bekerja sama.

APA SYSTEM ITU. . ?
System adalah ,aturan, cara kerja, atau tugas, yang tidak di komandoi atau tanpa di perintah, masing masing menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, jika, atau andai saja di antara system ini ada yang bermasalah makan engine atau mesin tidak akan berjalan dengan kualitas yang di rencanakan alias gagal, atau juga mengalami problem trouble pada umumnya di sebut rusak



Bagaimana cara kerja dari system tersebut. .?
System atau cara kerja mesin ( Fuel system )  Fuel / injeksi pump/atau sejenisnya akan menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan dan aturan yang ada keruang bakar setelah udara dikompresikan (Air system) untuk menjadikan proses pembakaran atau daya ledak yang menghasilkan tenaga thermis, Kemudian dengan bentuk dan aturan (crankshaft ) kruk as akan tercipta, menjadi tenaga mekanis, Karena daya ledak akan ada dampak panas di dalam system tersebut untuk itu (Cooling system ) bertugas menjadikan temperature engine selalu dalam keadaan normal sesuai aturan, Dan agar semua yang bekerja di bagian komponen yang bergerak lubricating system bertugas melumasi semua bagian komponen yang bergerak, sehingga tidak terjadi keausan. pada umumnya ketika engine mengalami kendala ( Fuel system ) adalah langkah awal yang harus di perhatikan.

Apakah ( Fuel system )  tersebut. . .?
fuel system  adalah bahasa mesin dengan arti yang pada umumnya berhubungan dengan bahan bakar, Pada mesin diesel proses penyaluran bahan bakar pada engine inilah disebut fuel system. dimulai dari tangki bahan bakar,  feed pump,  fuel filter , pompa injeksi, pipa tekanan tinggi dan nozzle, Sementara nozzle adalah titik akhir dari cara kerja fuel system  tersebut.

Apa dan bagaimana cara kerja nozzle. . ?
Nozzel adalah salah satu onderdil yang digunakan untuk menginjeksikan menyemprotkan bahan bakar dari pompa injeksi ke silinder. Fokus dan yang harus di perhatikan atau perlu di pelajari dari nozzle tersebut adalah pengkabutan dengan tenaga yang pada umumnya di sebut pressure.

Yang kami ketahui nozzle terdiri dari nozzle body dan needle. sementara model dari nozzel tersebut ada bebera yaitu berlubang banyak ( multi hole), berlubang tunggal (single hole ), dan model pin, konvensional fuel system nozzle merupakan salah satu komponen utama yang sangat fital keberadaanya. Jika terjadi masalah terhadap nozzle ini efeknya akan sangat berpengaruh terhadap performa engine, Dampak yang terasa berkurangnya tenaga atau engine drop/hunting.

Berlubang banyak ( multi hole)
Nozzle jenis di atas banyak dipakai pada mesin diesel yang dengan penyemprotan secara langsung (direct injectie), penyemprotan bahan bakar meluas ke semua bagian - bagian ruang bakar yang dangkal. Makin banyak jumlah pembukaan semprotan bahan bakar, makin kecil tiap pembukaannya dan makin memerlukan bahan bakar yang bersih.

Nozzle berlubang tunggal ( single hole)
Semprotan atau kabutan bahan bakar yang dihasilkan berbentuk tirus dengan sudut kira - kira 4 sampai 15 derajat yang dikeluarkan oleh ujung nozzle berlubang satu. Pembuatan yang kurang sempurna dan seksama menyebabkan semprotan bahan bakar tidak merata bila sudutnya terlalu besar, keadaan ini dapat membatasi sudut semprotan yang bisa dipakai. Karena itu nozzle berlubang tunggal dipakai pada mesin - mesin dimana bentuk ruang bakar akan menimbulkan pusaran dan karena tidak begitu membutuhkan pengatoman bahan bakar yang halus dan semprotan yang merata. Nozzle berlubang tunggal seperti ini juga baik karena pembukaan lubang nozzle yang luas bahan dalam mesin - mesin putaran tinggi ukuran kecil, akan mengurangi gangguan karena buntunya lubang nozzle.

Nozzle model pin
Nozzle jenis ini digunakan untuk motor diesel dengan sistem kamar depan dan kamar pusar, dipasang dengan katup - katup yang ujungnnya mempunyai batang atau pena yang disebut dengan " pintle" yang bentuknya disesuaikan dengan bentuk semprotan yang diinginkan. Pintle terpasang pada lubang nozzle, membentuk ruang berlingkar di mana  bahan bakar mengalir. Dengan pembentukan pena yang cocok, akan diperoleh semprotan bahan bakar yang silindris yang berlubang dengan daya tembus semprotan bahan bakar yang tinggi ataupun semprotan bahan bakar berbentuk konis yang berongga dengan sudut kira - kira 60 derajat.
Nozzle jenis pintle ini bekerja secara seragam dan teliti, gerakannya akan mencegah pembentukan kerak karbon pada ujung nozzle. Pemasangan katup - katup nozzle, katup jarum dan badan nozzle yang mengatur jalannya bahan bakar biasanya dibuat dari baja campuran yang diolah dengan pemanasan untuk mengurangi keausan katup - katup dan saluran bahan bakar dipasanga bersama - sama untuk guna mendapatkan pemasangan yang betul - betul dan tepat, dan karenanya pemasangan ini tidak dapat ditukar - tukarkan.
Tetapi yang perlu di ingat nozzle yang sudah di pastikan baik hanya bersifat menunggu kiriman dari (Fuel Injection Pump) dengan pressure yang diinginkan(berdasarkan Shop Manualnya) sebagai referense.

Apa itu (Fuel Injection Pump). . ?
(Fuel Injection Pump) berfungsi untuk mensuplai bahan bakar ke
ruang bakar melalui nozzle dengan tekanan tinggi sesuai unit dan type,. Bahan bakar yang diinjeksikan dengan tekanan tinggi tersebut akan membentuk kabut dengan partikel-partikel bahan bakar yang sangat halus sehingga mudah bercampur dengan udara. (Fuel Injection Pump) sendiri  bersifat menunggu kiriman dari (Fuel Pump) dengan pressure yang diinginkan(berdasarkan Shop Manualnya) sebagai referense.

Apa itu fuel pomp. . .?
Ruang bahan bakar pada pompa injeksi harus terus menerus terisi bahan bakar dalam jumlah yang cukup, pada saat mesin kecepatannya Oleh karena itu, bahan bakar diesel harus dialirkan ke pompa injeksi pada tekanan tertentu  fuel pomp.inilah yang mengisap bahan bakar dari tangki di alirkan ke fuel fiter kemudian ke 
(Fuel Injection Pump) melalui pipa tekanan tinggi dan berakhir ke Nozzle dengan demikian selesailah catatan ane tentantang fuel sistem.